Jumat, 22 Juli 2011

Essay Tujuan Hidup

Selama hidup ini, saya sangat menyukai hal-hal baru yang menarik. Saya juga tertarik dengan hal-hal yang berbau teknologi. Perlu disadari teknologi terus bekembang. Setiap harinya, kita bisa melihat perkembangan-perkembangan menarik di bidang teknologi. Kesukaan dan ketertarikan itu membuat saya jadi suka mencari tahu dari berbagai sumber informasi seperti surat kabar, internet, majalah, referensi, dll. Pencari tahuan itu saya lakukan dalam rangka belajar dan memperdalam hal-hal yang menarik tersebut.

Mengapa rasa ingin tahu? Dengan rasa ingin tahu, saya memiliki kemauan dan semangat untuk selalu belajar dan tidak pernah berhenti belajar. Proses belajar ini terutama berpatokan pada hal mempelajari bidang-bidang yang memang masih baru (up to date) serta berada di dalam ruang lingkup saya (akademik mungkin). Proses belajar ini juga bisa dikatakan sebagai mempelajari hal-hal yang saya sukai termasuk bidang teknologi tadi. Mengapa memilih belajar dan belajar? Karena saya yakin, dengan selalu belajar maka hasil yang diraih akan baik dan semakin baik. Selain itu, saya yakin bahwa kita selalu dapat mencari yang lebih baik hanya dengan belajar yang mulai dari rasa ingin tahu. Tentu saja belajar di sini bukan hanya seperti study dalam bahasa Inggris katakanlah berarti sempit seperti belajar dalam arti akademis saja. Belajar di sini termasuk mencari pengalaman langsung, bekerja langsung, bertukar pengalaman dengan relasi/ teman, melakukan percobaan, menganalisis suatu hal, dan masih banyak contoh belajar yang lebih mudah diartikan sebagai learning dalam bahasa Inggris.

Belajar yang dimulai dari rasa ingin tahu akan lebih bertenaga. Lebih banyak keingin tahuan, saya akan belajar lebih banyak lagi. Proses belajar seperti itu semoga mengantarkan saya pada target hidup jangka panjang yang sudah saya tetapkan. Saya berharap kelak mampu menjadi manusia yang serba tahu dan serba guna. Maksudnya, saya dapat menggunakan ke-serba-tahu-annya itu sebagai berkat bagi orang-orang sekitar entah itu keluarga, teman, masyarakat dan yang penting berguna. Semua itu juga terlebih hanya untuk Tuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar